Lantai Vinyl

Lantai Vinyl

Vinyl merupakan material baru dan mulai banyak dilirik. Bahan ini lentur namun kuat karena terdiri dari beberapa lapisan. Tiga lapisan pembentuk lantai vinyl adalah compact layer, glass fiber, dan printing layer. Lapisan paling luar adalah UV Coated Wear Layer. Lapisan ini nampak mengkilap dan terkesan licin.

Vinyl sering disebut sebagai bahan kulit sintetis. Secara penampilan, bahan lantai vinyl memiliki warna serta bentuk bagus terkesan mewah. Bahan vinyl memiliki koleksi warna beragam serta menarik sehingga dalam penerapan biasanya digunakan sebagai tas-tas wanita atau pelapis hardcase / peti instrumen musik. Bahan vinyl memiliki karakteristik kedap air.

Vinyl tidak dibuat dengan bahan alami, namun tipe dan jenis plastik ini dibuat oleh manusia. Vinyl adalah jenis plastik terbuat dari etilena biasa ditemukan dalam minyak mentah atau klorin biasa ditemukan dalam garam biasa. Vinyl merupakan jenis plastik sangat berbeda dengan plastik lainnya. Vinyl dapat dengan mudah didaur ulang karena daya tahan nya. Vinyl merupakan produk terbuat dari bahan yang memiliki jangka hidup panjang.

Untuk lantai vinyl biasanya terbagi menjadi dari 3 jenis berdasarkan ukurannya, yaitu:

  1. roll/gulung,
  2. plank/lembaran dan
  3. tile/kotak. tipe

Plank dan Tile biasanya lebih baik dari vinyl tipe roll.

Di Indonesia, lantai vinyl masih banyak diimpor dari Eropa, Austria dan Belgia contoh dua negara produsen vinyl. Meski begitu, ada juga produsen dari Asia, yakni Korea.
Aplikasi lantai vinyl tidak terbatas hunian pribadi maupun bangunan publik. Pada hunian, lantai vinyl banyak diaplikasikan sebagai lantai ruang keluarga, ruang tidur, dan dapur. Rumah sakit jadi salah satu bangunan publik yang biasa menggunakannya. Selain itu ada hotel, perkantoran bahkan asrama sekolah. Kelebihan yang ditawarkan bahan vinyl sangatlah banyak. Vinyl kuat hingga tidak mudah robek. Selain itu tahan panas dan air. Bahan ini juga mempunyai usia panjang hingga menghemat pengeluaran.

Lantai Vinyl hadir dengan beragam motif, bahkan ada yang berdesain emboss, saat ini baru motif natural yang banyak beredar di pasaran. Serat kayu dan tekstur batu alam merupakan produk paling populer.

Beberapa merk lantai vinyl yang baik kualitasnya serta banyak dipakai oleh klien kami diantaranya :

  1. Lantai Vinyl Korea ACE Floor,
  2. Lantai Vinyl Meforze,
  3. Lantai Vinyl Kangbang,
  4. Lantai Vinyl Gluck.